BETTY PURNAMASARI

Berpacu menjadi yang terbaik

OVERVIEW SISTEM CERDAS

18 March 2012 - dalam SISTEM CERDAS Oleh betty-p--fst09

Sistem cerdas, apa itu? itulah saya juga bingung ketika awal saya mengambil mata kuliah ini. Dan hal tersebut sedikit terjawab dipertemuan awal kuliah sistem cerdas.

 

Apakah itu sistem cerdas?

Dalam kuliah sistem cerdas ini dapat dipelajari bagaimana caranya ketika komputer atau robot dapat diprogram memiliki kecerdasan, perasaan dan bertingkah menyerupai manusia.

Bisa dibayangkan dalam pemrogaman konvensional ketika sebuah komputer di program untuk dapat memberikan nilai lulus terhadap mahasiswa yang memiliki nilai minimal 5,00 maka komputer tersebut hanya bisa meluluskan nilai mahasiswa yang memiliki nilai 5,00 keatas, lalu bagaimana jika mahasiswa tersebut memiliki nilai 4,99 pasti lah mereka dianggap tidak lulus. Namun jika komputer tersebut memiliki logika berpikir seperti sistem cerdas maka komputer tersebut dapat diprogram agar lebih memiliki perasaan.

Saat memasuki dunia pemrogaman sistem cerdas harus benar-benar meninggalkan cara berfikir seperti yang digunakan saat melakukan pemrogaman konvesional. Karena jika masih menggunakan cara berfikir pemrogaman yang konvensional maka akan benar-benar membingungkan ketika digunakan dalam pemrogaman di sistem cerdas ini.

3 konsep dasar sistem cerdas:

a. Artificial Neural Network yang dalam Bahasa Indonesianya disebut jaringan saraf tiruan. Artificial neural network menggunakan logika berfikir layaknya sistem saraf bekerja dan kemudian dirumuskan dalam rumusan matematik lalu membuat program dengan model matematika yang tersedia ke dalam software.

b. Artificial Intelligence  atau kecerdasan buatan. kecerdasan buatan ini diciptakan dan dimasukkan dalam sistem pemrogaman komputer atau robot agar mampu berpikir dan melakukan pekerjaan seperti manusia.

c. Fuzzy Logic atau logika samar. Dengan logika fuzzy komputer atau robot jadi memiliki perasaan atau toleransi. Jika dalam program konvensional hanya dikenal 2 kemungkinan yaitu 0 dan 1. jika kemungkinan berada dalam wilayah keanggotaan maka logika 1 namun jika kemungkinan berada diluar keanggotaan maka logika 0. namun dengan pola berpikir Fuzzy Logic maka tidak hanya memiliki 2 kemungkinan dalam menentukan sifat keanggotaanya, namun memiliki derajat kemungkinan antara 0 dan 1. hal inilah yang membuat Fuzzy Logic dapat membuat robot atau komputer menjadi memiliki perasaan atau toleransi berfikir unyuk menentukan keputusan.

2. Mengapa sistem cerdas digunakan

mesin atau robot atau komputer yang diprogram dengan pola berpikir sistem cerdas dibuat agar memiliki pola berpikir, kecerdasan, dan bertindak menyerupai yang dilakukan manusia. Hal ini bertujuan untuk membantu memudahkan tugas manusia termasuk dalam hal-hal yang beresiko tinggi untuk dilakukan manusia .

 

3. implementasi sistem cerdas:

pengimplementasian sistem cerdas dapat digunakan dalam banyak hal contohnya adalah yang digunakan dalam robot-robot canggih, game-game yang sedang digemari sekarang.

Robot BigDog

contoh diatas adalah salah satu robot yang menggunakan logika dalam sistem cerdas. dalam video diatas terlihat pertahanan diri sebuah robot berkaki 4 dalam menaklukan segala medan dan serangan yang diberikan agar tidak terjatuh.

ASIMO


ASIMO merupakan robot humanoid yang dibuat oleh HONDA. Sifat-sifat yang ditanamkan sangat mirip sekali dengan tingkah asli manusia.

selain diinplementasikan dalam sistem robot, sistem cerdas juga dapat diimplementasikan pada games yang sekarang sedang digemari. seperti DOTA, Warcraft, Angrybirds dan masih banyak lainnya.

 

 

(terimakasih atas kunjungannya, jika berkenan silahkan meninggalkan comment. saran dari kalian sangat membantu saya agar blog ini dapat menjadi lebih baik)



Read More | Respon : 7 komentar

7 Komentar

osmalina nur rahma

pada : 18 March 2012


"saya ingin bertanya..
implementasi sistem cerda pd games seperti DOTA, angry birds, dsb tersebut menggunakan konsep dasar artificial neural network, artificial intelegent, ataukah fuzzy logic?
terima kasih :)"


Betty Purnamasari

pada : 18 March 2012


"eh ada mpuss.
menurut saya semua konsep dasar dapat digunakan. karena pada dasarnya semua game diprogram untuk memiliki kecerdasan.
artificial neural network, artificial intelligence, fuzzy logic digunakan dalam game agar perilaku computer controlled agent lebih dinamis seperti yang dilakukan manusia, sehingga game lebih menarik untuk dimainkan."


estiningtiyas

pada : 18 March 2012


"haloo mbak betty...
saya mau tny saya masih bingung binggung dengan 3 konsep sistem cerdas, apa ya perbedaannya? makasih "


osmalina nur rahma

pada : 18 March 2012


"lantas apa perbedaan AI,Neural network dan FL, jika semua konsep dpt digunakan?

terima kasih :p"


Amadea

pada : 18 March 2012


"bagus nih ulasannya :)
apakah robot-robot yang dipertandingkan dalam KRCI misalnya juga menggunakan logika fuzzy? terima kasih :)"


Betty Purnamasari

pada : 18 March 2012


"terimakasih untuk pertanyaanya
untuk tyas dan osma sepertinya pertanyaan kalian mirip jadi saya jawab bersamaan ya.

AI berorentasi kerja pada apa yang dikerjakan oleh otak, sedangkan ANN lebih memperhatikan bagaimana fungsi otak manusia. AI lebih menekankan pada teori model dalam psikologi, sedangkan ANN mencoba memodelkan sel biologis mulai dengan neuron sebagai unit yang paling sederhana kemudian mencari pengaruh dari neuron yang saling dihubungkan dan dikombinasikan.
untuk fuzzy, fuzzy dapat berperan penting digunakan untuk mengambil keputusan dalam memutuskan variasi tindakan apa yang akan dilakukan. karena dengan fuzzy program akan memiliki nilai toleransi.

demikian ini mungkin yang sedikit saya pahami.

untuk lingin lebih tau artificial intelligence vs artificial neural network bisa dibuka link dibawah ini.

http://kangdeddy.wordpress.com/2010/06/08/artificial-intelligence-vs-artifial-neural-network/"


Betty Purnamasari

pada : 18 March 2012


"terimakasih atas pertanyaanya amadea.
iya robot dalam krci bisa juga menggunakan fuzzy logic. misalnya saja fuzzy logic dapat digunakan untuk menentukan robot dalam berjalan, apakah robot akan berjalan lurus, miring ke kiri atau ke kanan dsb.
terimakasih."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :