BETTY PURNAMASARI

Berpacu menjadi yang terbaik

hue saturation luminance vs RGB

05 June 2012 - dalam Komputasi Biomedis Oleh betty-p--fst09

RGB (Red, Green, Blue)

RGB adalah 3 warna dasar yang biasa digunakan dalam sistem komputesisasi sebuah gambar. Dengan mengetahui tiga warna dasar yaitu Red, Green, Blue (RGB) diperoleh pola kombinasi warna yang dihasilkan dari ketiga warna dasar tersebut. Penjumlahan dari warna merah, hijau dan biru akan menghasilkan warna putih. Warna-warna lain juga dihasilkan dengan kombinasi dari 3 warna yaitu merah, hijau, dan biru. Dalam konteks RGB atau warna cahaya, maka sebenarnya bisa dianggap tidak ada warna hitam. Warna hitam adalah warna tanpa cahaya, sehingga nilai RGB-nya adalah nol.

Gambar 1. Komposisi warna RGB(http://mnaval.blog.friendster.com/imgs05.gif)

HSL (Hue, Saturation, Luminance)

Hue merupakan karakteristik warna HSL, yang menyatakan nilai warna. Biasanya nilai H ini dibuat berkisar antara 0 sampai 1. Hue (warna) ini mengacu pada karakteristik unik dari warna yang membantu kita secara visual membedakan satu warna dari yang lain, warna yang dibentuk oleh panjang gelombang cahaya yang berbeda. Saturation atau saturasi atau tingkat kejenuhan menyatakan kesepakatan warna tersebut. Saturasi (chroma) mengacu pada tingkat kemurnian warna dan saturasi menggambarkan kecenderungan tingkat warna untuk bergerak menjauh dari abu-abu. Dalam definisi warna HSL, apabila nilai saturasi (S) semakin besar, maka warna tersebut semakin terang, dan apabila S kecil, maka warna tersebut semakin kabur. Luminance atau luminansi (L) merupakan karakteristik yang menyatakan tingkat pencahayaan pada benda. Tingkat kecerahan atau nilai merujuk pada seberapa terang atau gelap warna. Perubahan nilai kecerahan dapat dicapai dengan mencampurkan warna dengan hitam atau putih.

Gambar 2. Diagram HSL (http://mnaval.blog.friendster.com/imgs07.gif)

 

sumber : lemlit.unila.ac.id/file/Arsip-2012/.../Buku%201/STK%201033.pdf

 

terimakasih :)



Read More | Respon : 2 komentar

2 Komentar

royandawud

pada : 13 June 2012


"apa ada formula yang mentransform HSL ke warna sekunder langsung.. tidak hanya warna primer (RGB) aja..??? kalo ada sebutkan dan jelaskan.."


Betty

pada : 24 June 2012


"warna sekunder lain itu seperti warna apa ya mas royan? karena biasanya warna RGBlah yang digunakan dalam komposisi warna-warna yang lainnya."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :