BETTY PURNAMASARI

Berpacu menjadi yang terbaik

ASIMO

17 September 2012 - dalam Pemodelan Fisiologi Oleh betty-p--fst09

Holaa...

Sebelum memulai membahas tentang sang robot fenomenal ASIMO, saya akan memberi gambaran sedikit tentang mata kuliah pemodelan fisiologi. Pemodelan dapat diartikan sebagai tiruan atau artificial. Nah perarti pemodelan fisiologi disini merupakan fisiologi tiruan yang dapat digunakan untuk manusia. Pemodelan fisiologi merupakan cara memahami dan membuat simulasi fisiologi atau cara kerja organ tubuh manusia. Simulasi fisiologi organ tubuh manusia ini dapat dikendalukan dengan mesin. Contohnya saja membuat tangan artificial, jantung artificial dan organ tubuh manusia lainnya.

Nah bicara soal ASIMO, ASIMO merupakan robot humanoid yang dibuat oleh sebuah persahan tenama yaitu HONDA. ASIMO pertama kali diluncurkan pada tahun 2000. ASIMO merupakan singkatan dati “Advanced Step in Innovative Mobility”.

Robot ASIMO ini dibuat sedemikian rupa sehingga dapat melakukan hal-hal yang dapat dilakukan oleh manusia. Robot ini didesain agar dapat berjalan atau berlari dengan gerakan yang halus seperti yang dilakukan oleh manusia. Pada awalnya kecepatan berlari dengan kecepatan 3,5km/jam namun setelah mengalami beberapa kali perkembangannya robot ini memiliki kecepatan berlari 6km/jam sama seperti yang dilakukan manusia.


Selain berjalan dan berlari, masih banyak kemampuan lain yang dapat dilakukan oleh ASIMO. ASIMO ini dapat melakukan interaksi lain bahkan yang dapat berhubungan dengan manusia. ASIMO dapat menggiring bola, naik turun tangga, berjalan berdampingan langsung dengan manusia, mengantarkan pesanan barang, dan dapat pula menuangkan minuman ke dalam gelas. Bahkan kemampuan ASIMO yang lain iyalah dapat menganalisis suara sehingga ASIMO dapat melakukan interaksi suara atau berbicara dengan manusia.


Sejauh ini HONDA masih terus melakukan penelitian dan pengembangan terhadap robot ASIMO rancangannya. Nah menarik sekali bukan bercerita mengenai robot humanoid. Dengan munculnya robot-robot humanoid ini memungkinkan untuk menggantikan fungsi manusia sebagai pekerja. Mungkin jika perkembangan robot-robot humanoid berkembang dengan terus dengan pesat, tidak mustahil jika beberapa puluh tahun kedepan manusia dapat menikah dengan seorang robot.


Demikian analisis terhadap robot humanoid ASIMO yang dapat saya sampaikan.

Available to comment

sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Asimo.

http://kumpulan-artikel-menarik.blogspot.com/2009/05/asimo-robot-tercanggih-di-dunia.html.



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :