BETTY PURNAMASARI

Berpacu menjadi yang terbaik

Mobil Penyandang Cacat Kaki

08 October 2012 - dalam Pemodelan Fisiologi Oleh betty-p--fst09

Halloo..

 

Kali ini saya akan menuliskan tentang suatu ide mengenai alat atau mesin yang dapat membantu meringankan beban fisiologi manusia, khususnya untuk manusia yang memiliki kekurangan secara fisiologisnya.

Ide ini bermula dati imajinasi saya mengenai orang cacat bagian bawah tubuhnya dalam hal ini yaitu kaki, namun dia masih memiliki semangat dan memiliki segudang aktivitas yang masih dapat dia lakukan. Mengendarai mobil memang terdengar agak tidak mungkin dilakukan oleh seseorang yang memiliki kecacatan dibagian kaki, nah oleh kerena itu saya tersirat keinginan untuk mewujudkan sebuah mobil untuk orang cacat yang memiliki fasilitas seperti atau melebihi mobil yang beredar dipasaran seperti sekarang ini.

Mengendarai mobil tak lepas dari yang namanya pedal gas dan rem, karena memiliki kekurangan di bagian kaki yang mana hal tersebut merupakan kunci utama untuk mengendalikan sebuah mobil, maka semua kendali yang dikendalikan kaki dipindahkan agar dapat dikendalikan dengan tangan. Dalam ide saya ini imajinasi juga muncul dari permainan atau games yang biasa dilakukan dalam playstation ataupun mobil remote control  yang mana kita dapat memainkan mobil-mobilan tersebut dari kendali stick games atau remote controlnya. Oleh karena itu sangat memungkinkan sekali untuk membuat sebuah kontrol atau pengendali mobil yang mana semua dapat dilakukan dengan kendali 2 buah tangan kita. Gas dan rem dapat diletakkan di stir sehingga dapat mengendalikan arah dan kecepatan sekaligus.

Selain sistem kendali mobil yang seharusnya dikendalikan olelh kaki namun dipindahkan ke atas agar bisa dikendalikan oleh tangan, keistimewaan lainnya yaitu letak kursi pengemudi yang berupa sebuah kursi roda. Hal ini bertujuan supaya sang pengemudi yang merupakan penyandang cacat kaki dapat menggunakan kursi roda tersebut saat beraktivitas diluar mobil dan dapat masuk kembali mengemudi tanpa memerlukan bantuan orang lain untuk melipatkan dan menyimpankan kursi rodanya kembali. Jika sang penyandang cacat tersebut tidak menggunakan kursi roda atau hanya menggunakan tongkat saja maka kursi roda yang fleksibel tadi dapat diganti dengan jog yang permanen.

Sesuai dengan perkembangan otomotif  yang sekarang ini maka tidak menuntut kemungkinan mobil untuk penyandang cacat ini juga dilengkapi fasilitas-fasilitas seperti yang telah diterapkan pada mobil ramah lingkungan saat ini. Seperti dilengkapi sistem I-EGR (intellegent exhaust gas recirculation) yang mampu menghasilkan sisa pembakaran yang sempurnan dan meminimalisasi emisi  CO2 dan juga sistem eco-IDLE yang dapat membuat mesin menjadi mati ketika mobil dalam keadaan berhenti dan mesin otomatis kembali menyala saat gas ditekan yang dapat membuat mesin menghemat konsumsienergy atau bahan bakar. Selain itu mobil ini juga memiliki fasilitas-fasilitas yang dapat menjaga keadaan pengemudinya diusahakan tetep fit, karena bangku pengemudinya dapat ditambahkan mesin pemijat yang dimaksudkan agar kondisi pengemudi tetap relax.

 

Demikian ide yag dapat saya sampaikan hingga saat ini. Ide ini masih dalam tahap gagasan saja. Mungkin jika ada kritik dan saran yang membangun saya dengan senang hati menerima.

Terimakasih :)

 



Read More | Respon : 3 komentar

3 Komentar

Erlinda Metta Dewi

pada : 18 October 2012


"Halo.. Saya mau sedikit bertanya dan diskusi nih :) Jadi untuk mobil penyandang cacat kaki ini, kalo semisal gas dan rem dipindah ke bagian atas dan dikendalikan dengan tangan, lalu apa tidak akan kesulitan untuk menyetirnya juga ya? hanya punya dua tangan apakah tidak semakin merepotkan nantinya? apakah ada desain tertentu yang dapat diterapkan untuk mengakomodasi maslah tersebut? :)"


oyan

pada : 29 October 2012


"Batasan cacat seperti apa yang Anda berikan dalam konsep mobil untuk orang cacat yang diinisiasikan di sini?
Karena cacat itu luas :)"


Eetty

pada : 30 October 2012


"Erlinda : begini ce, mungkin dengan menggunakan sistem kendali yang menyerupai pada kendali motor itu dapat mengatasi gangguan tersebut ce.

oyan : mas royan di paragraf kedua sudah saya sebutkan, mobil ini dirancang untuk orang yang mengalami cacat pada bagian bawah tubuh khususnya kaki.

(:"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :